ASD Digital – Setiap warna yang ada memiliki makna dan arti, dan tidak terasa memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia. Warna merupakan elemen paling dominan, dan juga relatif dalam desain.

Secara psikologi, warna bukan hanya objek yang dapat diamati saja, tetapi dapat mempengaruhi kelakuan dan memiliki peranan penting dalam estetika. Artinya warna juga dapat menyampaikan pesan untuk mempengaruhi perilaku seseorang.



Penerapan dalam desain, misalnya dalam logo suatu perusahaan. Pengolahan warna yang ditampilkan dalam logo tersebut diharapkan dapat menyampaikan pesan, sekaligus menggambarkan brand yang kuat.

Arti Dari Warna

Ada 8 warna dasar yang dirangkum yang menggambarkan rasa dan emosi, serta seolahh mengarahkan seseorang. Untuk penjelasan arti dari warna adalah sebagai berikut.

1. Merah

Merah

Merah

Merah adalah warna api dan darah, jadi itu terkait dengan energi, perang, bahaya, kekuatan, kekuatan, tekad serta gairah, keinginan, dan cinta.

Merah adalah warna yang sangat kuat secara emosional. Ini meningkatkan metabolisme manusia, meningkatkan laju respirasi, dan meningkatkan tekanan darah. Ini memiliki visibilitas sangat tinggi, itulah sebabnya tanda berhenti, lampu lalu lintas, dan peralatan api biasanya dicat merah.

Dalam lambang, merah digunakan untuk menunjukkan keberanian. Ini adalah warna yang ditemukan di banyak bendera nasional.

Merah membawa teks dan gambar ke latar depan. Gunakan itu sebagai warna aksen untuk merangsang orang membuat keputusan cepat; itu adalah warna yang sempurna untuk tombol ‘Beli Sekarang’ atau ‘Klik Di Sini’ pada spanduk dan situs web Internet.

Dalam iklan, merah sering digunakan untuk membangkitkan perasaan erotis (bibir merah, kuku merah, distrik lampu merah, ‘Lady in Red’, dll). Merah banyak digunakan untuk menunjukkan bahaya (rambu tegangan tinggi, lampu lalu lintas).

Warna ini juga umumnya dikaitkan dengan energi, sehingga dapat menggunakannya saat mempromosikan minuman energi, permainan, mobil, barang-barang yang berkaitan dengan olahraga dan aktivitas fisik yang tinggi.

Merah terang: melambangkan kegembiraan, seksualitas, gairah, kepekaan, dan cinta.
Merah muda: menandakan romansa, cinta, dan persahabatan. Ini menunjukkan kualitas feminin dan kepasifan.
Merah gelap: dikaitkan dengan kekuatan, kemauan keras, amarah, kemarahan, kepemimpinan, keberanian, kerinduan, kedengkian, dan kemarahan.
Coklat: menunjukkan stabilitas dan menunjukkan kualitas maskulin.
Coklat kemerahan: dikaitkan dengan panen dan gugur.

2. Oranye

Oranye

Oranye

Oranye menggabungkan energi merah dan kebahagiaan kuning. Itu terkait dengan kegembiraan, sinar matahari, dan daerah tropis. Oranye mewakili antusiasme, daya tarik, kebahagiaan, kreativitas, tekad, daya tarik, kesuksesan, dorongan, dan stimulasi.

Bagi mata manusia, oranye adalah warna yang sangat panas, sehingga memberikan sensasi panas. Meskipun demikian, oranye tidak seagresif merah. Oranye meningkatkan suplai oksigen ke otak, menghasilkan efek yang menyegarkan, dan merangsang aktivitas mental.

Ini sangat diterima di kalangan anak muda. Sebagai warna oranye, dikaitkan dengan makanan sehat dan merangsang nafsu makan. Oranye adalah warna musim gugur dan panen. Dalam lambang, oranye adalah simbol kekuatan dan daya tahan.

Oranye memiliki visibilitas yang sangat tinggi, sehingga dapat menggunakannya untuk menarik perhatian dan menyoroti elemen terpenting dari desain. Oranye sangat efektif untuk mempromosikan produk makanan dan mainan.

Oranye gelap: bisa berarti penipuan dan ketidakpercayaan.
Merah-oranye: sesuai dengan keinginan, hasrat seksual, kesenangan, dominasi, agresi, dan kehausan untuk bertindak.
Emas: membangkitkan perasaan gengsi. Arti emas adalah iluminasi, kebijaksanaan, dan kekayaan. Emas sering melambangkan kualitas tinggi.

Baca juga: Packaging Kemasan Sebagai Daya Tarik Produk

3. Kuning

Warna Kuning

Kuning

Kuning adalah warna sinar matahari. Ini terkait dengan kegembiraan, kebahagiaan, kecerdasan, dan energi.

Kuning menghasilkan efek pemanasan, membangkitkan keceriaan, merangsang aktivitas mental, dan menghasilkan energi otot. Kuning sering dikaitkan dengan makanan. Cerah, kuning murni adalah pengambil perhatian, yang merupakan alasan taksi dicat warna ini.

Ketika digunakan secara berlebihan, kuning mungkin memiliki efek yang mengganggu; diketahui bahwa bayi lebih sering menangis di kamar kuning. Kuning terlihat sebelum warna lain ketika ditempatkan melawan hitam; kombinasi ini sering digunakan untuk mengeluarkan peringatan.

Dalam lambang, kuning menunjukkan kehormatan dan kesetiaan. Kemudian makna kuning dihubungkan dengan pengecut.

Gunakan warna kuning untuk membangkitkan perasaan menyenangkan dan ceria. Dapat memilih warna kuning untuk mempromosikan produk dan barang-barang anak-anak yang berkaitan dengan waktu luang.

Kuning sangat efektif untuk menarik perhatian, jadi gunakan untuk menyoroti elemen terpenting dari desain Anda. Laki-laki biasanya menganggap kuning sebagai warna ‘kekanak-kanakan’ yang sangat ringan. Sehingga tidak disarankan untuk menggunakan kuning saat menjual produk-produk mahal dan bergengsi kepada laki-laki.

Kuning adalah warna yang tidak stabil dan spontan, jadi hindari menggunakan kuning jika Anda ingin menyarankan stabilitas dan keamanan. Kuning muda cenderung menghilang menjadi putih, sehingga biasanya membutuhkan warna gelap untuk menyorotnya. Nuansa kuning secara visual tidak menarik karena mereka kehilangan keceriaan dan menjadi suram.

Kuning pudar: menunjukkan kehati-hatian, pembusukan, penyakit, dan kecemburuan.
Kuning muda: dikaitkan dengan kecerdasan, kesegaran, dan sukacita.

4. Hijau

Hijau

Hijau

Hijau adalah warna alam. Ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau memiliki korespondensi emosional yang kuat dengan keselamatan. Hijau tua juga biasanya dikaitkan dengan uang.

Hijau memiliki kekuatan penyembuhan yang hebat. Ini adalah warna yang paling tenang untuk mata manusia; itu dapat meningkatkan visi. Hijau menunjukkan stabilitas dan daya tahan. Terkadang hijau menunjukkan kurangnya pengalaman; misalnya, ‘greenhorn’ adalah pemula.

Dalam lambang, hijau menunjukkan pertumbuhan dan harapan. Hijau, bukan merah, berarti aman; itu adalah warna jalan bebas hambatan dalam lalu lintas jalan.

Gunakan warna hijau untuk menunjukkan keamanan saat mengiklankan obat dan produk medis. Hijau terkait langsung dengan alam, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk ‘hijau’. Hijau kusam, gelap umumnya dikaitkan dengan uang, dunia keuangan, perbankan.

Hijau tua: dikaitkan dengan ambisi, keserakahan, dan kecemburuan.
Hijau kuning: dapat mengindikasikan penyakit, pengecut, perselisihan, dan kecemburuan.
Hijau aqua: dikaitkan dengan penyembuhan dan perlindungan emosional.
Hijau zaitun: adalah warna tradisional kedamaian.

5. Biru

Warna Biru

Biru

Biru adalah warna langit dan laut. Ini sering dikaitkan dengan kedalaman dan stabilitas. Itu melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan, kepercayaan, kecerdasan, iman, kebenaran, dan surga.

Biru dianggap bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Ini memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek menenangkan. Biru sangat terkait dengan ketenangan dan ketenangan. Dalam lambang, biru digunakan untuk melambangkan kesalehan dan ketulusan.

Anda dapat menggunakan warna biru untuk mempromosikan produk dan layanan yang terkait dengan kebersihan (filter pemurnian air, cairan pembersih, vodka), udara dan langit (maskapai penerbangan, bandara, pendingin udara), air dan laut (pelayaran laut, air mineral).

Berbeda dengan warna yang hangat secara emosional seperti merah, oranye, dan kuning; biru terkait dengan kesadaran dan kecerdasan. Gunakan warna biru untuk menyarankan ketelitian saat mempromosikan produk teknologi tinggi.

Biru adalah warna maskulin; menurut penelitian, ini sangat diterima di kalangan pria. Biru tua dikaitkan dengan kedalaman, keahlian, dan stabilitas; itu adalah warna yang disukai untuk perusahaan Amerika.

Hindari penggunaan biru saat mempromosikan makanan dan memasak, karena biru menekan nafsu makan. Ketika digunakan bersama-sama dengan warna-warna hangat seperti kuning atau merah, biru dapat menciptakan desain yang hidup dan berdampak tinggi; misalnya, biru-kuning-merah adalah skema warna yang sempurna untuk seorang pahlawan super.

Biru muda: dikaitkan dengan kesehatan, penyembuhan, ketenangan, pengertian, dan kelembutan.
Biru tua: mewakili pengetahuan, kekuatan, integritas, dan keseriusan.

Baca juga: CMYK VS RGB Pada Percetakan Dan Digital Printing

6. Ungu

Ungu

Ungu

Ungu memadukan stabilitas biru dan energi merah. Ungu dikaitkan dengan royalti. Ini melambangkan kekuatan, kemuliaan, kemewahan, dan ambisi. Ini menyampaikan kekayaan dan kemewahan. Ungu dikaitkan dengan kebijaksanaan, martabat, kemandirian, kreativitas, misteri, dan sihir.

Menurut survei, hampir 75 persen anak-anak pra-remaja lebih suka ungu daripada semua warna lain. Ungu adalah warna yang sangat langka di alam; beberapa orang menganggap itu buatan.

Ungu muda adalah pilihan yang baik untuk desain feminin. Anda dapat menggunakan warna ungu cerah saat mempromosikan produk anak-anak.

Ungu muda: membangkitkan perasaan romantis dan nostalgia.
Ungu tua: membangkitkan kesuraman dan perasaan sedih. Itu bisa menyebabkan frustrasi.

7. Putih

Putih dikaitkan dengan cahaya, kebaikan, kepolosan, kemurnian, dan keperawanan. Itu dianggap sebagai warna kesempurnaan.

Putih berarti keamanan, kemurnian, dan kebersihan. Berbeda dengan hitam, putih biasanya memiliki konotasi positif. Putih dapat mewakili awal yang sukses. Dalam lambang, putih menggambarkan iman dan kemurnian.

Dalam iklan, putih dikaitkan dengan kesejukan dan kebersihan karena itu adalah warna salju. Anda dapat menggunakan warna putih untuk menyarankan kesederhanaan dalam produk teknologi tinggi. Putih adalah warna yang tepat untuk organisasi amal; Malaikat biasanya dibayangkan memakai pakaian putih.

Putih dikaitkan dengan rumah sakit, dokter, dan sterilitas, sehingga Anda dapat menggunakan putih untuk menyarankan keselamatan saat mempromosikan produk medis. Putih sering dikaitkan dengan berat badan rendah, makanan rendah lemak, dan produk susu.

8. Hitam

Warna Hitam

Hitam

Hitam dikaitkan dengan kekuatan, keanggunan, formalitas, kematian, kejahatan, dan misteri.

Hitam adalah warna misterius yang terkait dengan rasa takut dan tidak dikenal (lubang hitam). Biasanya memiliki konotasi negatif (daftar hitam, humor hitam, ‘kematian hitam’). Hitam menunjukkan kekuatan dan otoritas; itu dianggap sebagai warna yang sangat formal, elegan, dan bergengsi (dasi hitam, Mercedes hitam). Dalam lambang, hitam adalah simbol kesedihan.

Hitam memberi perasaan perspektif dan kedalaman, tetapi latar belakang hitam mengurangi keterbacaan. Setelan atau gaun hitam bisa membuat Anda terlihat lebih kurus. Saat mendesain untuk galeri seni atau fotografi.

Dapat menggunakan latar belakang hitam atau abu-abu untuk membuat warna lain menonjol. Hitam kontras dengan warna-warna cerah. Dikombinasikan dengan merah atau oranye – warna lain yang sangat kuat – hitam memberikan skema warna yang sangat agresif.

Demikian informasi mengenai arti warna dalam psikologi warna ini, semoga dapat membantu.

Sumber: https://jasacnc.id/arti-warna-dalam-psikologi-warna/

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This
WhatsApp us