ASD Digital – Untuk harga mesin laser cutting sangat beragam, karena ditentukan dari beberapa faktor, seperti spesifikasinya. Seperti contohnya dari power yang digunakan, lalu bidang area kerja, serta jenis mesinnya tersebut, karena ada banyak jenis mesin ini.

Seperti diketahui, ada beberapa macam jenis laser cutting ini, seperti:

  • CO2 Laser
  • Fiber Laser
  • Plasma Laser
  • Water Jet

Namun yan paling populer digunakan hanya dua saja, yaitu CO2 dan fiber laser, meskipun lainnya ada juga yang menggunakan.Tetapi memang yang umum ditemui pada penyedia jasa cutting laser ini adalah jenis CO2, serta fiber laser pada industri besar.

Selisih harga jual dari kedua jenis mesin ini cukup jauh berbeda, karena kemampuan yang dmilikinya juga berbeda sendiri. Masing-masing memiliki keunggulan, serta kekurangan dalam hal hasil kerja dan juga spesifikasinya.

Harga Mesin Laser Cutting CO2

Harga mesin laser cutting CO2 juga terbagi lagi, karena pada CO2 laser ini terbagi untuk jenis non-metal, dan juga metal mix. Yang termurah adalah untuk jenis non-metal dengan bidang area kerja 60 x 50 cm, dan power 60 watt.

Namun standar ukuran yang banyak dipergunakan adalah 130 x 90 cm dan 130 x 250 cm. Untuk mesin laser cutting dengan ukuran 130 x 90 cm dan memiliki power 130 watt, berada di kisaran 100 jutaan. Sedangkan yang memiliki bidang area kerja 130 x 250 cm dengan power yang sama, harganya 175 jutaan.

Itu adalah untuk non-metal, yang biasanya dipergunakan memotong bahan seperti acrylic, mdf, kulit, dan sejenisnya. Bisa juga untuk melakukan proses grafir atau engraver pada bahan non-metal tersebut, umumnya pada bahan acrylic dan leather.

Lalu ada jenis CO2 laser metal mix, yaitu yang dapat memotong bahan metal dan non-metal, tetapi dengan ketebalan yang terbatas. Bahan metal yang dapat dipotong seperti stainless, namun dengan ketebalan hanya 0,8 – 1 mm.

Harga mesin laser cutting metal jenis CO2 dengan bidang area kerja 130 x 90 cm mencapai 190 jutaan. Sedangkan untuk bidang area lebih besar 130 x 250 cm mencapai 255 jutaan, mesin tersebut menggunakan tabung laser 150 watt.

Hasil potong pada bahan metal masih perlu difinishing lagi, karena tidak terlalu halus, berbeda dengan jika menggunakan fiber laser. Karena memang untuk CO2 laser lebih tepat penggunaannya pada bahan non-metal.

Mesin Laser Cutting CO2

CO2 Laser

Harga Mesin Laser Cutting Fiber

Dibandingkan dengan jenis CO2, untuk harga mesin fiber laser jauh selisihnya, karena memang sesuai dengan kemampuannya. Jenis mesin ini khusus hanya dapat digunakan pada pengerjaan bahan metal saja, tidak untuk non-metal.

Baca artikelnya: Mesin Laser Cutting

Tingkat kemampuan hasil potongnya jauh lebih baik, sudah lebih rapi dibandingkan dengan menggunakan CO2 laser. Untuk memotong bahan seperti stainless dan carbon steel dapat dilakukan dengan mudah dengan hasil yang bagus.

Bahkan ada juga yang bisa dipergunakan untuk memotong bahan kuningan dan juga aluminium. Kisaran harga mesin laser cutting metal jenis fiber laser ini mulai dari 600 jutaan. Itu untuk mesin yang memiliki power 300 watt, dan dengan bidang area kerja 130 x 250 cm.

Power lasernya sendiri mulai dari 300 watt sampai dengan lebih dari 2000 watt, semakin besar powernya maka semakin tinggi harganya. Seperti mesin dengan power 700 watt dan menggunakan laser generator IPG, harganya bisa mencapai 1 m.

Laser generator yang digunakan pada juga memiliki pengaruh untuk harga jual dari mesinnya tersebut, karena ada pengaruh untuk kinerjanya. Seperti diketahui, ada beberapa merk dari laser generator yang umum digunakan, diantaranya:

  • Maxphotonic
  • Raycus
  • IPG
  • Nlight
  • DLL

Dan semuanya memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri, terutama untuk hasil kerja dan jenis bahan yang dapat dipotong. Inilah salah satu pembeda dari setiap harga mesin fiber laser yang ada, selain dari power yang digunakan.

Mesin Fiber Laser Cutting Metal

Mesin Fiber Laser

Demikian informasi mengenai harga mesin laser cutting ini, semoga dapat membantu. Dan dapat berubah sewaktu-waktu, karena ada salah satu faktor utama lagi yang dapat mempengaruhi perubahannya. Yaitu nilai tukar rupiah terhadap kurs dolar US.

  • Harga Laser Cutting
5