ASD Digital – Mesin laser cutting digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan, seperti bahan metal dan non-metal, dan jenis mesin ini juga termasuk cukup populer digunakan.

Ada beberapa jenis dari mesin ini yang umum digunakan, namun disini hanya membahas 2 jenis saja yang sudah umum digunakan, dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Mesin Laser Cutting CO2

Oree O-C 1309

CO2 Laser

Ini jenis mesin laser cutting yang paling umum digunakan, dari jenis CO2 laser ini sendiri masih ada dua tipe lagi, yaitu yang dapat digunakan untuk memotong bahan metal dan non-metal, serta hanya bahan non-metal saja.

Bahan non-metal yang dipotong umumnya adalah acrylic, tetapi ada juga yang digunakan untuk memotong HPL, serta kayu, namun dengan ketebalan tertentu.

Ada juga CO2 Laser yang dapat memotong bahan metal seperti stainless, namun untuk ketebalan bahannya sendiri terbatas, biasanya maksimal hanya bahan dengan ketebalan 1 mm.

Hasil potong mesin ini pada bahan metal tidak terlalu bagus, karena pada dasarnya untuk mesin laser cutting ini memang lebih baik untuk memotong bahan non-metal saja.

Brand asal China lebih menguasai pasar di Indonesia, kemampuannya sendiri ada yang dapat memotong dengan hasil yang bagus, tetapi ada juga yang tidak dapat memotong dengan rapi.

Salah satu brand asal China yang banyak digunakan adalah Oree Laser, yang memiliki kemampuan hasil potong yang baik, serta kinerja mesin yang lebih stabil, untuk tipe yang ada adalah sebagai berikut:

Oree O-C 1309

Oree O-C 1309

Oree O-C 1309

Tipe Oree O-C 1309 adalah jenis laser cutting non-metal, dipergunakan untuk memotong bahan seperti acrylic, bisa juga untuk melakukan engraving atau grafir, dan dilengkapi dengan power berkekuatan 130 watt.

Bidang area kerjanya sendiri adalah 130 x 90 cm, dengan beberapa fitur tambahan, seperti up and down table, honeycomb table, dan fitur tambahan lainnya.

Lengkapnya: Spesifikasi Oree O-C 1309

Oree O-CM 1309

Oree O-CM 1309

Oree O-CM 1309

Untuk tipe ini termasuk jenis metal dan non-metal, jadi dapat dipergunakan untuk memotong bahan stainless steel, namun tentu dengan ketebalan yang terbatas, maksimal hanya 1 mm.

Tabung lasernya menggunakan power 150 watt, sedangkan untuk bidang area kerjanya sama seperti tipe non-metal, termasuk juga untuk fitur yang dimilikinya.

Lengkapnya: Spesifikasi Oree O-CM 1309

Oree O-B 1325

Oree O-B 1325

Oree O-B 1325

Ukuran bidang area kerja dari Oree O-B 1325 lebih besar, mencapai 130 x 250 cm, dan termasuk jenis non-metal, diperkuat dengan tabung laser yang memiliki power 130 watt.

Bahan acrylic dengan ukuran full bisa dikerjakan dengan mudah, tanpa harus memotong bahan terlebih dahulu, sehingga lebih meminimalisir bahan terbuang, jika dibandingkan dengan harus memotong bahan menjadi dua terlebih dahulu.

Lengkapnya: Spesifikasi Oree O-B 1325

Oree O-BM 1325

Oree O-BM 1325

Oree O-BM 1325

Untuk bidang area kerjanya sama seperti O-B 1325, namun ini adalah jenis metal dan non-metal, dengan power laser yang mencapai 150 watt, dan dengan body fisik yang sedikit lebih berat.

Ketebalan bahan metal yang dapat dipotong juga terbatas, karena untuk bahan stainless steel maksimal hanya 1 mm, sedangkan untuk acrylic bisa mencapai 2 cm.

Lengkapnya: Spesifikasi Oree O-BM 1325

Mesin Fiber Laser

Fiber Laser

Fiber Laser

Mesin fiber laser khusus hanya dapat digunakan pada bahan metal saja, tidak dapat dipergunakan untuk bahan non-metal, karena memang bukan peruntukannya.

Hasil potong pada bahan metal untuk fiber laser ini jauh lebih bagus, dibandingkan dengan CO2 laser, lebih rapi dan halus, bahkan jika settingannya tepat tidak dibutuhkan untuk finishing lagi.

Power dari mesin ini paling kecil adalah 300 watt, dan untuk power yang lebih besar bisa lebih dari 2000 watt, namun tentu untuk power makin besar berarti harga mesinnya sendiri menjadi lebih tinggi.

Dari mesin laser cutting metal ini juga ada beberapa pilihan untuk laser sourcenya, diantaranya:

  • IPG
  • NLIGHT
  • RAYCUS
  • MAXPHOTONIC

Sebagai catatan, tidak semua mesin fiber laser ini dapat dipergunakan untuk memotong bahan kuningan dan aluminium, karena dapat menyebabkan kendala error.

Hanya beberapa saja yang dapat dipergunakan untuk memotong bahan tersebut, tetapi jika untuk bahan stainless atau carbon steel, semua tetap dapat digunakan untuk memotong dengan hasil yang baik.

Mesin Fiber Laser Oree

Oree OR-F 3015T

Oree OR-F 3015T

Oree juga memiliki produk untuk mesin fiber laser, dengan bidang area kerja yang cukup besar, yakni mencapai 300 x 150 cm. Laser source dari fiber laser Oree sendiri menggunakan Maxphotonic, dan dapat memotong beragam jenis bahan metal.

Tipe dari Oree untuk mesin laser cutting metal atau fiber laser yaitu:

Untuk tipe 3015T sudah dilengkapi dengan rotary berukuran panjang, sehingga bisa digunakan memotong pipa besi atau stainless. Hasil potong dari fiber laser Oree ini tingkat akurasinya presisi, dan rapi pada pinggirannya.

Power yang digunakan juga beragam, mulai dari 1000 watt hingga 4000 watt. Parts juga menggunakan brand yang sudah dikenal luas kemampuannya, seperti contohnya Yashkawa Motor Servo, atau Raytools Cutting Head.

Mesin Fiber Laser Gweike

Gweike Fiber Laser

Gweike Fiber Laser

Gweike merupakan salah satu brand asal China untuk jenis mesin fiber laser, kemampuan produk dari Gweike ini sudah dikenal luas, di China sendiri termasuk perusahaan yang pertama kali memproduksi jenis fiber laser.

Ada beberapa tipe yang tersedia disini untuk brand Gweike, yaitu:

Khusus untuk tipe LF 1325 LC, dapat dipergunakan untuk memotong bahan non-metal juga, karena memang memiliki fitur yang sama seperti CO2 laser, jadi ada dua pilihan tersedia pada tipe ini.

Seperti menggabungkan dua mesin menjadi satu, dengan dua kepala laser yang terpisah, sehingga untuk pengerjaan bahan metal dan non-metal bisa dilakukan dengan menggunakan tipe ini.

Populasi dari mesin fiber laser Gweike di Indonesia sudah cukup luas, karena memang kualitasnya yang bagus, serta harganya yang tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan produk sejenisnya.

Penutup

Mesin Fiber Laser

Fiber Laser

Mesin laser cutting memang banyak tersedia di pasaran, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semuanya memiliki kualitas yang baik, ataupun kinerja mesin yang stabil pada saat produksi.

Jadi jika berminat untuk membeli mesin ini, ada baiknya untuk melihat review yang sudah ada di internet, atau bisa tanya langsung padda pengguna dari mesin yang diinginkan.

Akan lebih baik untuk melihat demo mesin tersebut secara langsung terlebih dahulu, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai support dan aftersalesnya.

Pastikan terlebih dahulu mengenai ketersediaan service center resmi dari mesin laser cutting yang diinginkan, sehingga tidak kesulitan pada saat dibutuhkan nanti.

  • Laser Cutting
5