ASD Digital – Mesin printing kain sublimasi adalah jenis printer yang digunakan untuk cetak pada bahan kain. Namun pada prosesnya tidak langsung print pada bahan kain tersebut, tetapi melalui metode transfer paper.

Dengan menggunakan cara transfer paper ini, hasil print akan lebih maksimal, serta membuat mesin lebih awet. Meskipun memang membutuhkan mesin tambahan yaitu hot press, yang berarti menambah biaya lagi untuk mesin pressnya tersebut.

Cara tersebut juga yang paling banyak digunakan pada konveksi yang memproduksi jersey serta tas. Berbeda dengan yang print langsung direct pada bahan kain, tidak menjadi favorite untuk digunakan.

Mesin Printing Kain Sublimasi

Sebagai info, mesin printing kain sublimasi ini hanya dapat digunakan pada kain yang mengandung unsur Polyester atau PE. Tidak dapat digunakan pada bahan 100% katun, jadi memang hanya yang mengandung unsur PE saja.

Proses penggunaan dari printer ini sama seperti mesin digital printing pada umumnya, hanya bahannya menggunakan transfer paper. Jadi transfer paper di print, kemudian di press pada bahan kain menggunakan mesin hot press.

Mesin Printing Kain Sublimasi

Sublime Xuli X6-1880

Warna yang dihasilkan pada bahan kain tersebut lebih jelas dan lebih keluar dibandingkan yang print langsung pada kain. Namun kelemahannya adalah membutuhkan dua kali proses kerja, yaitu print dan press dengan dua mesin berbeda.

Hasil print pada transfer paper kemudian dipotong sesuai desain hasil cetaknya tadi, yang kemudian di press. Untuk jenis printernya sendiri sama seperti printer indoor ecosolvent, hanya disini menggunakan jenis tinta sublimasi.

Harga tinta sublime yang digunakan sedikit lebih mahal dari harga jual tinta ecosolvent, yakni mencapai 450 ribu perliternya. Printer ini sendiri membutuhkan 4 warna CMYK, meskipun ada juga jenis tinta flouris namun tidak terlalu populer.

Baca juga: Mesin Digital Printing Dan Jenis Yang Ada

Harga Mesin Printing Kain Sublimasi

Karena printernya sendiri sama seperti printer indoor ecosolvent, maka harga jual mesin printing kain sublimasi ini sama. Untuk merk Xuli yang merupakan produk China dan menggunakan printhead Epson DX5 berada di kisaran 105 jutaan.

Sedangkan yang menggunakan printhead XAAR 1201 berada di harga 125 jutaan. Itu untuk yang memiliki lebar area cetak mencapai 1,6 meter. Dan dengan garansi selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts.

Mesin Hotpress

Mesin Hotpress

Namun sebagai catatan, garansi tidak termasuk bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead. Untuk merk Xuli sendiri sudah memiliki service center resmi di Indonesia, sehingga kebutuhan support dan aftersales dapat terlayani.

Mesin hotpress roll untuk printer ini sendiri harganya mencapai 100 jutaa, itu yang memiliki ukuran 0,9 meter. Sedangkan mesin press yang memiliki ukuran 1,6 meter harganya mencapai 195 jutaan.

Demikian informasi mengenai mesin printing kain sublimasi ini, semoga dapat membantu. Jika berminat atau membutuhkan informasi lebih jelas, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Printer Kain
5