ASD Digital – Terkadang mesin laser cutting mengalami beberapa kendala pada saat melakukan proses kerja, yang tentu saja akan memusingkan ketika dikejar deadline. Meskipun hanya trouble kecil, tetapi jika berpengaruh pada kinerja mesin tersebut tentu akan sangat merepotkan.

Kebanyakan para pemilik ataupun operator tidak mengerti bagaimana mengatasi kendala tersebut, meskipun hanya kendala kecil saja. Biasanya langsung melakukanpermintaan service dengan memanggil teknisi dari perusahaan penjualnya.

Ini memang cara paling mudah, namun perlu menjadi catatan juga, karena terkadang para teknisi tersebut juga sedang ada panggilan lainnya, sehingga harus menunggu. Ini tentu akan merepotkan jika sudah mendekati tenggat waktu produksi, karena tentu saja akan menjadi delay untuk proses orderannya.

Untuk itu cukup penting bagi para pemilik ataupun operator mesin laser cutting engraving ini untuk sedikit banyak mengetahui cara menganalisa kendalanya. Berikut akan kami berikan beberapa tips dari kerusakan yang sering ditemui pada mesin tersebut.

Sinar Laser Tidak Keluar

Sinar laser yang tidak keluar pada mesin laser cutting juga bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti power supply mati, tabung yang bocor, atau tidak ada tekanan air. Jika sistem pendinginan tidak bekerja, maka sinar tidak akan keluar, cek selalu kapasitas air pada chiller.

Sinar yang tidak keluar juga dapat terjadi apabila terjadi masalah pada power supply (PSU), Jika ini terjadi, jangan coba untuk dibuka atau diperbaiki sendiri karena sangat berbahaya, mengingat tegangan arus yang tinggi, Sebaiknya segera memanggil teknisi dari perusahaan penyedia mesin tersebut.

Tabung Laser CO2

Tabung Laser CO2

Jika kondisi PSU dan chiller normal tetapi terjadi kendala, maka ada kemungkinan masalah terjadi pada tabung laser, pastikan tabung terpasang dengan tepat dan dalam posisi terkunci. Lasertube atau tabung laser ini dapat retak dan mengakibatkan kebocoran hingga mengakibatkan mati total.

Pastikan air yang masuk pada lasertube tidak berlebihan, karena ini juga merupakan salah satu faktor kendala yang dapat menyebabkan kerusakan pada tabung.

Hal lainnya yang mungkin terjadi jika tidak keluar sinar pada mesin laser cutting ini adalah ada kemungkinan lensa yang kotor. Selalu usahakan untuk dibersihkan secara rutin, mengingat ini juga termasuk kendala yang sering terjadi. Jadi sebaiknya pada penyedia jasa laser cutting melakukan hal ini secara rutin.

Hasil Potong Tidak Presisi

Hasil potong yang tidak presisi bisa terjadi karena pengaruh dari beberapa sebab, seperti bahan yang dikerjakan tidak sesuai dengan mesinnya. Sebagai contoh, melakukan proses grafir atau pemotongan pada bahan metal seperti stainless menggunakan mesin laser cutting non-metal.

Informasi lainnya: Mesin Digital Printing Dan Jenis Yang Ada

Atau bisa juga karena rel yang kotor, sehingga pada saat berooperasi menjadi agak tersendat karena gesekan yang tidak bagus. Gunakan pelumas untuk membersihkan dan merawat rel agar terhindar dari korosi, sehingga menjadi lebih awet dan kuat.

Sistem Pembuangan Angin Tidak Berfungsi

Pada saat melakukan pengerjaan pada bahan dan sejenisnya tentu akan banyak kotoran yang keluar dan tersedot oleh vacum hingga mengakibatkan lengket. Ini dapat menyebabkan kemampetan pada saluran udara mesin laser cutting tersebut karena udara menjadi tidak keluar.

Ini agar segera dibersihkan, mudah saja caranya, cukup matikan mesin dan vacum, lalu lepaskan vacum tersebut dari mesin. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan kotoran yang ada, lalu bersihkan turbin dari sisa-sisa kotorannya, diharap hati-hati agar tidak merusak turbin.

Nyalakan blower vacum tanpa memasang ke mesin untuk memastikan bahwa sudah bersih kembali dan dapat berfungsi dengan baik, kemudian pasang kembali ke mesin tersebut.

Mesin Laser Cutting

Mesin Laser Cutting CO2

Penutup

Usahakan secara rutin membersihkan mesin laser cutting ini, mulai dari bagian yang paling mudah seperti lensa. Karena lensa ini termasuk yang perlu diperhatikan dan sering cepat kotor, bisa mengakibatkan sinar laser yang keluar menjadi tersendat.

Akibatnya dari sinar yang keluar tidak stabil adalah hasil potong atau grafir tidak terlalu bagus, sehingga memang perlu dibersihkan secara rutin. Biasanya teknisi dari mesin tersebut pada saat melakukan instalasi aka memberikan panduan cara membersihkan mesin dan merawatnya.

Demikian informasi mengenai tips mengatasi masalah mesin laser cutting ini, semoga dapat membantu. Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa mengisi kolom komentar dibawah.

Pin It on Pinterest

WhatsApp us